Alat ukur pneumatik adalah alat ukur yang bekerja pada pengaruh tekanan atau adanya perbedaan tekanan pada gas, udara dan zat lainnya. Macam - macam alat ukur pneumatik yang sering kita jumpai yaitu: compression tester, vacum gauge, tire preassure gauge, radiator cup tester.
VACUM GAUGE
Vacum
gauge adalah salah satu alat ukur pneumatik yang digunakan untuk
mengukur tekanan intake manifold. Vvacum gauge menunjukan perbedaan
antara tekanan atsmosfer luar dan nilai kevakuman yang terjadi pada
intake manifold. Untuk memasang vacum gauge hal yang harus diperhatikan
bahwa saluran pengukur kevakuman harus diambil dari intake manifold yang
berada dibelakang trottle valve.
COMPRESSION TESTER
Compression
tester adalah salah satu alat ukur pneumatik yang berfungsi untuk
mengukur tekanan kompresi pada kendaraan masih layak atau tidak untuk
dipakai. Kompression tester diletakkan pada lubang busi atau pada lubang
injektor pada mesin diesel.
CARA MENGGUNAKAN COMPRESSION TESTER
- Lepas semua busi(pada mobil)
- Masukan compresion tester pada lubang busi dengan cara diputar sesuai ulirnya, pastikan tidak miring agar alat ataupun ulir pada kepala silinder tidak rusak, dan pastikan juga bahwa terpasang dengan kencang.
- Masakan kabel tegangan tinggi dari ignition coil, tujuannya adalah agar terjadi rangkaian tertutup pada sistem pengapian, sehingga coil tetap awet.
- Gas penuh/buka katup throttle penuh, tujuannya adalah agar udara yang masuk maksimal, sehingga hasil yang ditunjukan alat adalah data falid.
- Starter mesin minimal 250 rpm/ baterai dalam keadaan sehat.
- Baca sampai jarum pada alat menunjukan angka tertinggi, bila sudah diangka tertinggi hentikan starter.
- Lakukan pada semua lubang busi, dan simpulkan, bila selisih andara masing masing silinder lebih dari 1 kg/cm2 berati jelek, Ingat ! SPESIFIKASI : 9.5-12.5 kg/cm2 pada motor bensin.
- Kempeskan alat bila sudah selesai.
TIRE PRESSURE GAUGE
Tyre pressure gauge adalah salah satu alat ukur pneumatik untuk mengukur
tekanan angin ban,
supaya tekanan angin ban sesuai dengan batas yang dijinkan. Tire
pressure gauge ada yang terpisah sendiri dan ada yang dirangkaian dengan
katup dan selang angin dari kompresor sehingga saat pengisian angin
dapat langsung terukur. Saat ini sudah banyak juga tyre gauge yang
menggunakan display digital untuk lebih mempermudah pembacaan. Setelah
alat ini terangkai dengan krompresor, maka tinggal memasukkan ke
pentil dari ban. Besarnya tekanan ban akan langsung terbaca ketika
trigger tidak ditekan. Untuk menambah tekanan udara pada ban, tarik
trigger atau pemicu.