RPP JANGKA SORONG

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan          : SMK Negeri 2 Empat Lawang Kompetensi Keahlian     : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Mata Pelajaran               : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

Materi                             : Alat Ukur Mekanik

Sub Materi                      : Jangka Sorong (Vernier Caliper)

Kelas / Semester             : X / Gasal

Tahun Pelajaran              : 2022/2023

Alokasi Waktu                : 2 JP X 45 menit (2 Pertemuan)


A.       Kompetensi Inti

 

KI-3 (Pengetahuan) :

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari

keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI-4 (Keterampilan) :

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


B.       Kompetensi Dasar

3.5.    Menerapkan alat ukur  mekanik beserta fungsinya

4.5.  Menggunakan alat-alat  ukur mekanik

 

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5.1.  Mengklasifikasikan macam – macam alat ukur mekanik

3.5.2.  Menentukan  fungsi dan bagian - bagian jangka sorong

3.5.3.  Menganalisis kesalahan pembacaan jangka sorong

4.5.1.  Mengkalibrasi alat ukur mekanik jangka sorong

4.5.2.  Melakukan pengukuran dan pembacaan jangka  sorong


D.       Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat :

1.      Siswa mampu mengklasifikasikan macam – macam alat ukur mekanik melalui media pembelajaran dengan benar  sesuai kompetensi.

2.      Siswa mampu menentukan fungsi dan bagian - bagian jangka sorong melalui media pembelajaran dengan benar sesuai kompetensi.

3.      Siswa mampu menganalisis kesalahan pembacaan jangka sorong  dengan diskusi kelompok          secara benar sesuai kompetensi.

4.      Siswa mampu  mengkalibrasi jangka sorong  serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai lembar kerja dengan benar sesuai kompetensi.

5.      Siswa mampu melakukan pengukuran dan pembacaan jangka sorong serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai lembar kerja dengan benar sesuai kompetensi.

 

E.       Materi Pembelajaran

Jangka Sorong

Fungsi jangka sorong : Jangka sorong adalah salah satu alat ukur mekanik yang digunakan untuk mengukur panjang, tebal ataupun kedalaman suatu benda. Jangka sorong disebut juga dengan vernier caliper.

Bagian – bagian jangka sorong : Jangka sorong mempunyai bagian – bagian yaitu rahang luar, rahang dalam, pengukur kedalaman, skala utama, skala nonius, sekrup pengunci.

Kalibrasi jangka sorong : Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan  rancangannya. Tujuan kalibrasi adalah untuk mencapai keakuratan pada pengukuran.

 

Pengukuran jangka sorong :

·         Bersihkan benda yang akan diukur. Bersihkan benda dengan lap untuk memastikan tidak ada lemak/minyak yang menempel, dan tidak ada apa pun yang akan mengganggu pengukuran yang akurat.

·         Geserlah          salah    satu      rahang untuk   menjepit          benda  yang    hendak diukur. Masukan benda yang akan di ukur.

·         Putar sekrup pengunci pada jangka sorong, agar rahang tidak bergeser.

·         Lakukan pembacaan hasil pengukuran jangka sorong.


F.        Kegiatan Pembelajaran

Tahap Pembelajaran

Sintak Model Pembelajatan

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendahuluan

 

1.      Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa

2.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa                    sebelum

pembelajaran di mulai

3.      Guru             mengabsen kehadiran siswa

 

4.      Guru           memberikan motivasi belajar kepada peserta didik

5.      Guru           menanyakan beberapa pertanyaan dasar sebagai review materi sebelumnya

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai

1.    Siswa menjawab salam dan merespon pertanyaan dari guru

2.    Siswa berdoa sesuai intruksi dari ketua kelas

 

3.     Siswa       menjawab

absensi kehadiran dari guru

4.     Siswa mendengarkan motivasi dari guru

 

5.     Siswa menjawab pertanyaan guru

tentang            materi sebelumnya.

6.     Siswa mendengarkan apa yang di sampaikan guru

10 Menit

PERTEMUAN 1

Inti

 

 

 

Orientasi Peserta Didik Pada Masalah (Mengamati dan

Menanya)

1.    Guru menampilkan slide powerpoint             dan menjelaskan secara singkat tentang alat ukur jangka sorong.

2.    Guru           mengarahkan peserta didik pada suatu permasalahan            yang terdapat pada slide powerpoint

1.     Siswa

memperhatikan tayangan             slide powerpoint dan mendengarkan guru.

2.     Siswa secara mandiri menggali informasi dan            menjawab permasalahan yang diberikan guru

10 Menit

Mengorganisasik an Peserta Didik (Menggali Informasi)

1. Guru membagi siswa menjadi             beberapa kelompok diskusi

2.      Guru           membagikan lembar kerja pada setiap masing masing kelompok.

3.      Guru            menjelaskan tentang tugas diskusi kelompok sesuai lembar kerja.

1. Siswa          membuat kelompok diskusi

 

2.     Siswa menerima lembar kerja dari guru.

 

3.     Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari guru

 

5 Menit


 

 

4.      Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan lembar kerja secara berkelompok.

4.     Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok

 

Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Mengumpulkan

Informasi)

1. Guru     mendorong              dan memantau             siswa             untuk melakukan diskusi secara berkelompok             untuk memecahkan permasalahan yang telah di berikan

1. Siswa                                secara berkelompok mencari                     referensi

untuk mendapat jawaban                            atas permasalahan yang di berikan.

5 Menit

Mengembangka n dan Meyajikan Hasil Karya (Menalar dan

Mengkomunikasi kan)

1.     Guru membimbing dan mengarahkan jalannya diskusi siswa

 

2.     Guru membantu peserta didik apabila ada kesulitan dalam pengisian lembar kerja

1.     Siswa melakukan diskusi                 untuk menyelesaikan permasalahan

2.     Siswa menerima masukan dari guru dalam pengisian lembar kerja

5 Menit

Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah (Menalar dan

Mengkomunikasi kan)

1.     Guru mempersilakan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.

2.     Guru memberikan masukan terhadap hasil presentasi

1.     Perwakilan masing – masing kelompok meyampaikan hasil diskusinya.

2.     Siswa mendengarkan masukan dari guru

5 Menit

PERTEMUAN 2

Inti

Orientasi Peserta Didik Pada Masalah (Mengamati dan

Menanya)

1.    Guru menampilkan permasalahan pada slide powerpoint dan mendemonstrasikan kesalahan pengukuran dengan benda nyata.

1.    Siswa memperhatian tayangan dan demonstrasi dari guru

5 Menit

Mengorganisasik an Peserta Didik (Menggali Informasi)

1.      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok diskusi dan membagikan lembar kerja praktik dan alat serta bahan kepada setiap kelompok.

2.      Guru menjelaskan tugas praktik sesuai LKPD dan menjelaskan k3 dalam melakukan praktik

3.      Guru menugaskan siswa bekerja secara berkelompok.

1.    Siswa membentuk kelompok dan menerima lembar kerja serta alat dan bahan dari guru.

 

2.    Siswa mendengar penjelasan dari guru dengan memperhatikan LKPD

3.    Siswa menggali permaslahan yang diberikan melalui berbagai referensi.

5 Menit

Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Mengumpulkan

Informasi)

1.         Guru mendorong dan memantau siswa untuk melakukan diskusi dan praktik secara berkelompok.

2.         Guru membantu siswa apabila ada kesulitan saat praktik.

1.    Siswa melakukan paktik secara berkelompok

 

2.    Siswa bertanya pada guru apabila ada kesulitan saat praktik

10 Menit

Mengembangka n dan Meyajikan Hasil Karya (Menalar dan

Mengkomunikasi kan)

1.   Guru membimbing dan memantau jalannya diskusi dan praktik siswa sehingga hasil LKPD setiap kelompok siap untuk di presentasikan

1.    Siswa secara berkelompok bekerja sama menyimpulkan hasil praktik dan memeriksa kembali jawaban di LKPD yang akan dipresentasikan.

5 Menit

Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah (Menalar dan

Mengkomunikasi kan)

1.     Guru mempersilakan perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan memdemonstrasikan salah satu pengukuran yang telah dilakukan.

2.     Guru memberikan masukan kepada siswa

3.     Guru mempersilakan setiap kelompok merapikan Kembali peralatan.

1.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan mendemonstrasikan pengukuran.

 

2.    Siswa menerima masukan dari guru

 

3.    Siswa secara berkelompok merapikan Kembali peralatan.

5 Menit

Penutup

 

1.     Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dan jawaban dari masalah yang telah dikemukakan di awal.

2.     Guru memberikan evaluasi pada setiap kelompok di akhir pembelajaran melalui tayangan simulasi jangka sorong.

3.     Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya

4.     Guru         memberi pengarahan dan menutup pembelajaran dengan doa

 

1.      Siswa menyimpulkan

hasil akhir dari

kegiatan belajar.

 

 

2.    Perwakilan kelompok menjawab soal evaluasi yang diberikan guru melalui tayangan powerpoint.

3.    Siswa mendengarkan tugas yang diberikan guru

4.    Siswa mendengarkan arahan dari guru dan berdoa       bersama – sama.

10  menit


G.      Penilaian Hasil Belajar

1.      Penilaian Sikap

·      Teknik Penilaian     : Observasi (Pengamatan)

·      Bentuk Penilaian     : Lembar Pengamatan

·      Instrumen               : Terlampir

2.      Penilaian Pengetahuan

·      Jenis / Teknis tes    : Tertulis

·      Bentuk Tes              : Esai

·      Instrumen               : Terlampir

 

3.      Penilaian Keterampilan

·      Teknik Penilaian     : Praktik

·      Instrumen               : Terlampir

 
H.     
Model, Metode, Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1.      Pendekatan                  : Saintifik

2.      Model Pembelajaran : Problem Based Learning

3.      Metode                         : Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Praktik

4.      Media                           : Powerpoint, LKPD

5.      Alat                              :  Jangka sorong, Laptop, LCD Proyektor

6.       Sumber Pembelajaran :

·           Bahan ajar ukur mekanik jangka sorong

·           Saryanto. 2018. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Untuk SMK/MAK Kelas X : Jakarta, PTGramedia Widiasarana Indonesia.

·           Irnawati, Noviyana. 2016. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Untuk  SMK/MAK Kelas X. Surakarta: Mediatama.

·           E – Book :

·           Sasongko. 2013. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif SMK Kelas X. Malang: Pusat Pengembangan & Pemberdayaan Pendidik & Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif & Elektronika.

https://repositori.kemdikbud.go.id/10334/1/pekerjaan%20dasar%20teknik%20otomotif%20x2.pdf

Subscribe My Blog