RPP MULTIMETER

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan        : SMK Negeri 2 Empat Lawang

Kompetensi Keahlian   : Teknik & Bisnis Sepeda Motor

Mata Pelajaran             : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif 

Materi                           : Alat Ukur Elektrik

Sub Materi                    : Multimeter

Kelas/Semester            : X TBSM/ Ganjil

Tahun Pelajaran            : 2022/2023

Alokasi Waktu              :    5 JP X 45 Menit      

A.                 A. Kompetensi Inti

 

KI-3 (Pengetahuan) :

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari

keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KI-4 (Keterampilan) :

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


B.       Kompetensi Dasar

3.6.    Menerapkan alat ukur elektrik beserta fungsinya

4.6.    Menggunakan alat – alat ukur elektrik

 

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6.1.  Menganalisis fungsi multimeter

3.6.2.  Menganalisis kelengkapan komponen multimeter

4.6.1.  Mengkalibrasi multimeter analog dengan benar

4.6.2.  Melakukan pengukuran menggunakan multimeter analog dengan benar


D.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat :

1.      Siswa di harapkan mampu menganalisis fungsi multimeter  serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai dengan lembar kerja dengan benar dan tepat.

2.      Siswa di harapkan mampu menganalisis komponen multimeter serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai dengan lembar kerja dengan benar dan tepat.

3.      Siswa di harapkan mampu melakukan kalibrasi multimeter analog serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai dengan lembar kerja dengan benar dan tepat.

4.      Siswa di harapkan mampu melakukan pengukuran dengan multimeter analog serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai dengan lembar kerja dengan benar dan tepat.

E.       Materi Pembelajaran

 Multimeter

Fungsi multimeter : Multimeter merupakan sebuah alat pengukur yang digunakan untuuk mengetahui ukuran tegangan listrik, resistansi, dan arus listrik. Dalam perkembangannya, dapat digunakan untuk mengukur temperatur, frekuensi, dan lainnya

Bagian – bagian multimeter analog : Jangka sorong mempunyai bagian – bagian yaitu jarum penunjuk, papan skala pengukuran, sekrup kalibrasi, selector multimeter, kabel probe positif dan negative, terminal kabel positif dan negative, knob pengatur jarum kedudukan hambatan.

Kalibrasi multimeter analog : Hubung singkatkan kedua ujung probe ( Hitam dan Merah). Lihat Pada Layar pembacaan meter, jarum akan bergerak ke kanan. Tepatkan jarum pada angka nol, skala paling atas (skala Ohm meter) menggunakan knop Zero Adjustment. Multitester Analog yang difungsikan sebagai ohm meter telah selesai dikalibrasi dan siap digunakan.

Pengukuran tegangan DC  pada multimeter :

1.      Atur Posisi Saklar Selektor ke DCV.

2.      Pilihlah skala sesuai dengan perkiraan tegangan yang akan diukur

3.      Hubungkan probe ke terminal tegangan yang akan diukur

4.      Baca hasil pengukuran di Display Multimeter.



F.        Kegiatan Pembelajaran

Tahap Pembelajaran

Sintak Model Pembelajatan

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendahuluan

 

1.      Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa

2.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa                    sebelum

pembelajaran di mulai

3.      Guru             mengabsen kehadiran peserta didik

4.      Guru           memberikan motivasi belajar kepada peserta didik

5.      Guru           menanyakan beberapa pertanyaan dasar sebagai review materi sebelumnya

6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai

1.    Siswa menjawab salam dan merespon pertanyaan dari guru

2.    Siswa berdoa sesuai intruksi dari ketua kelas

3.     Siswa       menjawab

absensi kehadiran dari guru

4.     Siswa mendengarkan nasehat dan motivasi dari guru

5.     Siswa menjawab pertanyaan guru

tentang            materi sebelumnya.

6.     Siswa mendengarkan apa yang di sampaikan guru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 Menit

Inti

 

 

 

Orientasi Peserta Didik Pada Masalah (Mengamati dan

Menanya)

1.    Guru menampilkan slide powerpoint             secara singkat tentang alat ukur multimeter

2.    Guru           mengarahkan peserta didik pada suatu permasalahan            yang terdapat pada slide powerpoint

3.     Guru menayangkan animasi jangka sorong secara singkat

1.     Siswa

memperhatikan tayangan             slide powerpoint.

2.     Siswa secara mandiri menggali informasi dan            menjawab permasalahan yang diberikan guru

3.     Siswa

memperhatikan tayangan dari guru

 

 

 

 

 

 

 

35 Menit

Mengorganisasik an Peserta Didik (Menggali Informasi)

1. Guru membagi siswa menjadi             beberapa kelompok diskusi

2.      Guru           membagikan lembar kerja pada setiap masing masing kelompok.

3.      Guru            menjelaskan tentang tugas diskusi kelompok sesuai lembar kerja.

1. Siswa          membuat kelompok diskusi

 

2.     Siswa menerima lembar kerja dari guru

 

3.     Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari guru

 


 

 

4.      Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan lembar kerja secara berkelompok.

4.     Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok

 

Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Mengumpulkan

Informasi)

1. Guru     mendorong     dan memantau    siswa    untuk melakukan diskusi secara berkelompok            untuk memecahkan permasalahan yang telah di berikan

1. Siswa               secara berkelompok mencari        referensi

untuk mendapat jawaban               atas permasalahan yang di berikan.

Mengembangka n dan Meyajikan Hasil Karya (Menalar dan

Mengkomunikasi kan)

1.     Guru membimbing dan mengarahkan jalannya diskusi siswa

 

2.     Guru membantu peserta didik apabila ada kesulitan                 dalam pengisian lembar kerja

1.     Siswa       melakukan diskusi              untuk menyelesaikan permasalahan

2.     Siswa menerima masukan dari guru dalam pengisian lembar kerja

Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah (Menalar dan

Mengkomunikasi kan)

1.     Guru mempersilakan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.

2.     Guru             memberikan masukan terhadap hasil presentasi

1.     Perwakilan masing – masing kelompok meyampaikan hasil diskusinya.

2.     Siswa mendengarkan masukan dari guru

Penutup

 

1.     Guru membimbing siswa menarik kesimpulan dan jawaban dari masalah yang telah dikemukakan di awal

2.     Guru           mengarahkan kepada siswa merapikan kembali peralatan

3.     Guru memberikan tugas rumah untuk membaca materi selanjutnya

4.     Guru         memberi pengarahan dan menutup pembelajaran dengan doa

 

1.      Siswa menyimpulkan

hasil akhir dari

kegiatan belajar.

 

 

2.    Siswa merapikan kembali peralatan

 

3.    Siswa mendengarkan tugas yang diberikan guru

4.    Siswa mendengarkan arahan dari guru dan berdoa      berdoa bersama - sama

5      menit


Subscribe My Blog