Satuan Pendidikan : SMK Negeri 2 Empat Lawang Kompetensi Keahlian :
Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Mata Pelajaran : Pekerjaan
Dasar Teknik Otomotif
Materi : Alat Ukur Hidrolik
Sub Materi : Hydrometer
Kelas / Semester :
X / Gasal
Tahun Pelajaran :
2022/2023
Alokasi Waktu : 2 JP X 45 menit
KI-3 (Pengetahuan) : |
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik dan Bisnis
Sepeda Motor. Pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian
dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional |
KI-4 (Keterampilan) : |
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi,
dan prosedur kerja
yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kerja Teknik dan Bisnis Sepeda
Motor. Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah
pengawasan langsung |
B.
Kompetensi Dasar
3.7. Menerapkan alat ukur hidrolik beserta
fungsinya
4.7. Menggunakan alat – alat ukur
hidrolik
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.1. Memahami fungsi
hydrometer
3.7.2.
Menentukan bagian – bagian
hydrometer beserta fungsinya
3.7.3. Menganalisis kesalahan pada saat pengukuran dengan hydrometer
4.7.1. Melaksanakan pengukuran
dengan
menggunakan hydrometer
4.7.2. Melakukan pembacaan hasil pengukuran hydrometer
Setelah mengikuti
proses pembelajaran peserta
didik dapat :
1.
Siswa mampu memahami fungsi hydrometer melalui media pembelajaran dengan benar sesuai kompetensi.
2.
Siswa mampu menentukan bagian
– bagian hydrometer melalui media pembelajaran dengan diskusi kelompok secara benar sesuai kompetensi.
3.
Siswa mampu menganalisis kesalahan pada saat pengukuran dengan
diskusi kelompok secara benar sesuai kompetensi.
4.
Siswa mampu melaksanakan pengukuran dengan menggunakan hydrometer serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai
lembar kerja dengan benar sesuai dengan
kompetensi.
5.
Siswa mampu melakukan
pembacaan hasil pengukuran hydrometer serta mampu menampilkan hasil diskusi sesuai lembar kerja dengan benar sesuai dengan kompetensi.
Hydrometer |
Fungsi Hydrometer : Hydrometer adalah suatu alat ukur yang digunakan
dalam bidang otomotif untuk melakukan pengukuran berat jenis elektrolit pada
baterai |
Bagian – bagian
hydrometer : 1) Batang Hidrometer – Berfungsi untuk pengangan hidrometer serta sebagai
tempat skala hidrometer. 2) Skala Hidrometer – Merupakan ukuran massa jenis
cairan yang akan diukur. 3) Kaca Bohlam – Sebagai tempat tertampungnya udara. 4)
Beban – Terbuat dari timbal
berfungsi untuk memposisikan Hidrometer tegak lurus dengan permukaan air. |
Kesalahan pengukuran dengan hydrometer : Posisi Hydrometer tidak tegak lurus pada saat pengukuran sehingga untuk mendapatkan hasil yang tidak akurat. Jangan
mengangkat Hydrometer keluar dari kotak
baterai saat melakukan pengukuran, karena cairan elektrolit
bisa bereaksi secara kimia dengan logam, dan itu dapat merusak komponen
logam. |
Langkah pengukuran dengan
hydrometer : Membuka semua tutup
accu dan aki. Menekan suction bulb secukupnya dan masukkan pickup tube
atau ujung dari hydrometer ke dalam elektrolit baterai. Melepas
tekanan pada suction bulb akan elektrolit terhisap ke dalam gelas kaca atau
outer tube dan pelampung akan melayang dan menunjukkan angka atau hasil
pengukuran |
F. Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Pembelajaran |
Sintak Model Pembelajatan |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
Aktivitas Guru |
Aktivitas Siswa |
|||
Pendahuluan |
|
1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa 2. Guru meminta
ketua kelas untuk
memimpin doa sebelum pembelajaran di mulai 3. Guru mengabsen kehadiran peserta didik 4. Guru memberikan motivasi belajar kepada peserta
didik 5. Guru menanyakan beberapa pertanyaan dasar
sebagai review materi
sebelumnya 6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai |
1. Siswa menjawab salam dan merespon pertanyaan dari guru 2. Siswa berdoa
sesuai intruksi dari ketua kelas 3. Siswa menjawab absensi kehadiran dari guru 4. Siswa mendengarkan nasehat dan motivasi dari guru 5. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi sebelumnya. 6. Siswa mendengarkan apa
yang di sampaikan guru |
5 Menit |
|
Orientasi Peserta
Didik Pada Masalah (Mengamati dan Menanya) |
1. Guru menampilkan
slide powerpoint secara singkat tentang hydrometer. 2. Guru mengarahkan peserta didik pada suatu permasalahan yang terdapat pada slide
powerpoint 3. Guru menayangkan video pembelajaran dan mendemontrasikan penggunaan hydrometer secara singkat. |
1.
Siswa memperhatikan tayangan slide
powerpoint. 2. Siswa secara
mandiri menggali informasi dan menjawab permasalahan yang diberikan
guru 3. Siswa memperhatikan tayangan
dan demontrasi dari guru |
30 Menit |
Inti |
|
|
||
Mengorganisasik an Peserta Didik |
1. Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok diskusi. 2. Guru membagikan lembar kerja
pada setiap masing – masing
kelompok. 3. Guru menjelaskan tentang tugas
diskusi kelompok sesuai lembar
kerja. |
1. Siswa membuat kelompok diskusi. |
|
|
|
|
2. Siswa menerima lembar kerja dari guru 3. Siswa mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan
dari guru |
|
|
|
4. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan lembar kerja secara
berkelompok. |
4. Siswa
mengerjakan lembar kerja
secara berkelompok |
|
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (Mengumpulkan |
1. Guru mendorong dan memantau siswa untuk
melakukan diskusi secara
berkelompok untuk
memecahkan permasalahan yang telah di berikan |
1. Siswa secara berkelompok mencari referensi untuk mendapat jawaban atas permasalahan yang di berikan. |
||
Informasi) |
||||
Mengembangka n dan
Meyajikan Hasil Karya (Menalar dan Mengkomunikasi kan) |
1. Guru membimbing dan mengarahkan jalannya diskusi siswa 2. Guru membantu peserta didik apabila
ada kesulitan dalam pengisian lembar kerja |
1. Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan 2. Siswa menerima masukan dari guru
dalam pengisian lembar kerja |
||
Menganalisis dan Mengevaluasi Pemecahan Masalah (Menalar dan |
1. Guru mempersilakan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan dan
mendemontrasikan hasil diskusi. 2. Guru memberikan masukan terhadap hasil
presentasi |
1. Perwakilan masing
– masing kelompok meyampaikan dan mendemonstrasikan hasil
diskusinya. 2. Siswa
mendengarkan masukan dari guru |
||
Mengkomunikasi |
||||
kan) |
||||
|
|
1. Guru membimbing
siswa menarik kesimpulan dan jawaban
dari masalah yang telah dikemukakan di awal 2. Guru mengarahkan kepada siswa merapikan kembali peralatan 3. Guru memberikan tugas rumah untuk
membaca materi selanjutnya 4. Guru memberi pengarahan dan menutup
pembelajaran dengan doa |
1. Siswa
menyimpulkan hasil akhir
dari kegiatan belajar. |
|
|
2. Siswa merapikan kembali peralatan |
|
||
Penutup |
|
10 menit |
||
|
3. Siswa mendengarkan tugas yang diberikan guru 4. Siswa mendengarkan arahan dari guru
dan berdoa berdoa
bersama - sama |
|
1.
Penilaian Sikap
· Teknik Penilaian : Observasi (Pengamatan)
· Bentuk Penilaian : Lembar
Pengamatan
· Instrumen : Terlampir
· Jenis / Teknis tes :
Tertulis
· Bentuk Tes :
Esai
· Instrumen : Terlampir
3.
Penilaian Keterampilan
· Teknik Penilaian :
Praktik
· Instrumen : Terlampir
H. Model, Metode, Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Problem Based Learning
3. Metode : Diskusi, Tanya Jawab,
dan Demontrasi.
4. Media : Powerpoint, LKPD
5. Alat : Hydrometer, Laptop, LCD Proyektor
6. Sumber Pembelajaran :
·
Bahan ajar ukur hidrolik hydrometer
·
Saryanto.
2018. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Untuk SMK/MAK Kelas X : Jakarta,
PTGramedia Widiasarana Indonesia.
·
Irnawati, Noviyana. 2016. Pekerjaan Dasar Teknik
Otomotif Untuk SMK/MAK Kelas X.
Surakarta: Mediatama.
·
E – Book :
Sasongko. 2013. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif SMK Kelas
X. Malang: Pusat Pengembangan & Pemberdayaan Pendidik & Tenaga
Kependidikan Bidang Otomotif & Elektronika.
https://repositori.kemdikbud.go.id/10334/1/pekerjaan%20dasar%20teknik%20otomotif%20x2.pdf